Friday , October 18 2024
Penyebab Motor Mogok Mendadak saat di Kendarai

Penyebab Motor Mogok Mendadak saat di Kendarai

Cara mudah mengetahui penyebab motor mati mendadak saat di jalan dan ketahui motor 2 tak mogok saat mesin panas. Beberapa orang mungkin sering mengalami tipe-tipe motor mogok diakibatkan mesin terlalu panas. Jika hal tersebut menahan darah alami mungkin akan merasa tidak nyaman apalagi membawa seseorang seperti pacar atau kau keluarga.

Kebanyakan orang akan merasa panik sebab perjalanannya Anda tempuh mungkin masih jauh. Bagi seseorang yang masih awam tentang otomotif tentu harus belajar dan mengetahui penyebab kenapa motor mogok akibat mesin panas.

Penyebab Motor Mogok/Mati Mendadak

Ketika motor mogok kebanyakan orang akan mendorong dan mencari bengkel motor yang masih buka. Penyebab motor mati mendadak ketika mesin panas biasanya terdapat beberapa faktor. Inilah rangkuman beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa motor Anda mogok mendadak.

1. Kehabisan BBM

Kejadian ini sepertinya sering dialami dan kita jumpai saat di jalan ketika seseorang mendorong sepeda motor yang ternyata menjadi penyebab utamanya karena kehabisan bahan bakar motor. Kebiasaan menunda nunda mengisi bahan bakar adalah faktor kenapa kita lalai bahwa motor ternyata wajib diisi bahan bakarnya.

Melihat tangki atau indikator BBM adalah hal wajib sebelum mengendarai kendaraan kesayangan roda dua maupun roda empat. Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti mendorong saat motor mogok kehabisan bahan bakar Anda sebaiknya lakukan cek tangki BBM. Ketika motor yang sudah mengusung konsep injeksi dan kehabisan BBM di jalan dapat memicu kerusakan pada pompa bahan bakar.

2. Bahan bakar oktan rendah

Pemicu motor mogok di jalan secara mendadak diakibatkan karena bahan bakar dengan oktan lebih rendah yang menyebabkan kerak di bagian head silinder. Kera ini timbul akibat tidak terbakar dengan sempurna jadi sebaiknya anda menggunakan bahan bakar yang sesuai yang dianjurkan oleh pabrikan merek motor kesayangan.

3. Busi motor kotor atau mati

busi motor yang kotor seringkali membuat motor keadaannya brebek atau sering mati mendadak. Langkah pengecekan busi kotor Anda bisa membuka puisi tersebut dan melakukan pengujian. Caranya dengan memasang busi dikocok kemudian dekatkan dengan body masa sambil melakukan start.

Jika nyala percikkan api busi biru berarti kondisi busi dalam kondisi baik, sedangkan jika nyala kursi berwarna merah tanda busi Anda kotor dan wajib dibersihkan dan jika tidak memungkinkan sebaiknya ganti busi yang lama dengan yang baru.

4. Kabel busi bermasalah

Ketika sudah melakukan pengecekan dan busi mempunyai kondisi baik tetapi motor tidak menyala juga bisa jadi penyebab motor mogok berada pada kabel atau cop busi. Busi yang rusak pada kabelnya biasanya mengeluarkan percikkan api yang sedikit dan membuat pengapian tidak berjalan lancar. Untuk itu bagi Anda yang pernah mengalami hal tersebut silahkan ganti cop busi dengan yang baru serta kabelnya.

5. Karburator motor kotor

Indikasi kenapa motor mogok mendadak di jalan karena karburator jarang perawatan. Karburator motor perlu dijaga dengan baik dan dibersihkan secara rutin pada bagian main jet yang mampet. Jika hal tersebut terjadi maka bahan bakar tidak mengalir dengan baik dan ujung-ujungnya motor akan mati mendadak saat dikendarai.