Friday , October 18 2024

Manfaat Alpukat Untuk Bayi dan Cara Penyajiannya

Nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat sangat baik untuk bayi. Untuk menjaga kesehatan si kecil anda dapat memanfaatkan buah alpukat sebagai menu MPASI.

Kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi pada alpukat sangat baik untuk bayi. Selain itu kan pukat juga mengandung antioksidan, asam lemak, omega-3, serat yang tinggi protein dan kolin.

Manfaat Alpukat Untuk Bayi

Buah yang mempunyai ragam manfaat ini mungkin jarang diketahui banyak orang tua karena mungkin harga alpukat dapat naik ketika stoknya sedikit. Berikut beragam manfaat yang anda dapatkan ketika mengkonsumsi buah alpukat secara rutin untuk bayi anda.

1. Melancarkan pencernaan

Bagi Anda yang mempunyai permasalahan pencernaan sebaiknya mengkonsumsi buah alpukat. Dikenal mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Untuk bayi yang mempunyai masalah pencernaan atau susah BAB sebaiknya mengkonsumsi buah alpukat yang diblender dan dihaluskan.

Buah allpukat direkomendasikan untuk bayi untuk melancarkan pencernaan. Disamping itu para ibu dapat memberikan buah alpukat yang telah dihaluskan sebagai variasi makanan karena mampu mencegah sembelit pada bayi.

2. Menunjang tumbuh kembang bayi

Asupan bergizi dibutuhkan oleh setiap bayi dan hal tersebut terdapat pada buah alpukat. Bayi membutuhkan nutrisi yang cukup untuk masa tumbuh kembangnya. Alpukat mempunyai lemak tak jenuh protein antioksidan dan vitamin yang baik untuk masa pertumbuhan bayi.

3. Mendukung perkembangan otak bayi

Berbagai nutrisi yang terdapat pada alpukat seperti antioksidan protein dan asam lemak omega-3 sangat berperan dalam masa perkembangan otak bayi.

Beberapa studi yang pernah dikemukakan jika asupan omega-3 dan kolin ada bayi tercukupi mampu mempercepat daya pikir dan membuatnya lebih meningkatkan kecerdasan.

4. Mencegah anemia

Buah alpukat yang mempunyai tekstur daging yang lembut dan cocok dibuat untuk bubur bayi ini ternyata berperan penting dalam memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Kandungan zat besi, vitamin c, vitamin B6, dan folat cocok untuk bayi sehingga mencegah terkenanya anemia.

Selain selain beragam manfaat di atas, alpukat yang dikonsumsi secara rutin oleh bayi dapat menambah berat badan dan memelihara kesehatan mata. Demikianlah informasi mengenai manfaat buah alpukat yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.