Friday , October 18 2024
Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Menstabilkan Tekanan Darah

Apa manfaat daun sirsak dan dapat mencegah penyakit apa saja? Lalu apa saja efek sampingnya saat meminum jus sirsak. Buah sirsak sangat mudah tumbuh di negara tropis salah satunya Indonesia. Buah sirsak kaya akan manfaat dan lezat saat dibuat jus.

Hewan yang mempunyai ciri kulit warna hijau dengan permukaan tidak rata serta mempunyai banyak duri kecil tombol ini sangat khas untuk dikenali. Selain itu buah ini juga sering dijadikan jus untuk dijadikan sebagai obat dari berbagai penyakit.

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Mari kita simak berbagai manfaat buah sirsak yang dapat anda baca dibawah ini, siapa tahu bermanfaat untuk anda.

1. Menjaga imunitas tubuh

Buah yang mempunyai rasa asam manis ini ternyata sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh. Adanya molekul dan antioksidan pada buah tersebut mampu menangkal radikal bebas dan atom tidak stabil yang dapat merusak sel sehingga menyebabkan penyakit berbahaya.

Molekul antioksidan pada sirsak ada berbagai macam diantaranya tanin, saponin, flavonoid, phytosterol sangat baik untuk melawan radikal bebas, selain itu juga melindungi kulit dan sel-sel tubuh dari kerusakan.

2. Anti bakteri

Dalam sebuah penelitian sifat antioksidan dan antibakteri pada buah sirsak baik untuk memberi perlindungan pada tubuh. Selain itu perlu Anda ketahui juga ternyata daun sirsak juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pencernaan manusia perlu dijaga supaya tidak timbul banyak penyakit. Sistem pencernaan manusia sering mengalami sembelit atau peradangan pada usus. Adanya kandungan serat sirsak baik untuk mengatasi hal tersebut.

Makanan berserat seperti sirsak mampu memperlambat pencernaan dan menjaga kestabilan kadar gula darah. Selain itu mengkonsumsi sirsak walau tidak rutin mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Menstabilkan tekanan darah

Bagi Anda yang mempunyai tekanan darah tinggi maupun hipertensi sebaiknya mengkonsumsi jus buah sirsak. Kandungan buah sirsak seperti 626 mg potasium dalam secangkir sirsak dan 47 mg zat besi mampu menyaring berbagai kandungan dalam tubuh termasuk kadar garam tinggi.