Saturday , October 19 2024
Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas

5 Tips Membeli iPhone Bekas yang Berkualitas, Cek Dulu Agar Tidak Menyesal!

Tak jarang orang-orang memilih iPhone sebagai ponsel kesayangan. Karena kepopulerannya, ponsel ini sangat cocok bagi Anda yang hobi bergaya. Handphone apple ini banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Meskipun harganya yang relatif mahal, hal itu tidak menjadi penghalang bagi pecinta iPhone.

Mereka rela mengeluaran banyak uang demi mendapatkan ponsel impiannya tersebut. Kalau memiliki banyak uang sih no problem, tapi bagaimana budget yang dimiliki terbatas? Bagi Anda yang mempunyai dana terbatas masih bisa kok membeli iPhone second yang harganya lebih murah ketimbang iPhone baru.

Namun Anda harus siap dengan kelemahan iPhone second, karena ponsel tersebut sudah pernah digunakan orang lain. Akan tetapi tidak semua iPhone bekas pasti bermasalah kok, ada juga yang masih bagus. Maka dari itu Anda harus mengeceknya terlebih dahulu sebelum membelinya.

Tips Membeli iPhone Bekas

Jangan sampai Anda membeli iPhone bekas dengan harga murah tapi ponsel tersebut bermasalah, baik pada hardware ataupun softwarenya. Lantas bagaimana cara mengetahui iPhone second worth it atau tidak?

Berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum membeli iPhone bekas.

1. Cek IMEI iPhone

Sebelum membeli iPhone bekas, Anda juga wajib mengecek International Mobile Equipment Identity (IMEI) iPhone tersebut. Pastikan IMEI pada box dan pada ponsel harus sesuai atau sama.

IMEI sendiri berfungsi untuk melacak ponsel yang hilang dan untuk mengetahui apakah ponsel tersebut iPhone black market atau tidak.

2. Cek Fisik iPhone

Anda wajib memerhatikan fisik dari ponsel yang akan Anda beli. Pastikan ponsel tersebut masih mulus. Namun jika ada baret sedikit itu masih wajar karena pemakaian, asalkan tidak terlalu banyak baretan.

Yang tidak kalah penting adalah, ponsel itu beleum pernah dibongkar. Jika Anda mendapati iPhone yang sudah bongkaran, tanyakan apa penyebabnya. Jika karena penggantian sparepart seperti LCD atau baterai, pastikan itu bukan onderdil palsu.

Namun jika karena kerusakan mesin atau habis kena air, lebih baik Anda tidak membeli ponsel tersebut, karena beresiko untuk jangka panjangnya.

3. Cek True Tone iPhone

Karena LCD (Liquid Crystal Display) merupakan bagian sensitif pada sebuah ponsel, maka Anda wajib mengeceknya juga sebelum membeli iPhone second. Anda harus memeriksa true tone iPhone yang akan Anda beli tersebut.

Apabila true tone pada iPhone itu sudah tidak bisa diaktifkan lagi, maka kemungkinan besar iPhone tersebut sudah pernah ganti LCD.

4. Cek iPhone dengan 3UTools

Agar lebih mudah dalam pengecekan, Anda bisa menggunakan aplikasi cek iphone bekas, yaitu 3UTools. Dengan melakukan cek iphone bekas dengan 3utools, maka Anda dapat mengetahui bagian mana yang rusak dan yang perlu diganti. Namun Anda membutuh PC atau laptop untuk menginstall aplikasi 3UTools.

Cara mengecek iPhone dengan 3UTools sangat mudah, Anda hanya cukup mengoneksikan iPhone tersebut ke laptop atau komputer yang sudah terinstall aplikasi 3UTools. Kemudian Anda akan disajikan score iPhone dan informasi apakah iPhone pernah ganti onderdil atau tidak, baik itu kameranya, baterai atau sparepart lainnya.

5. Cek Battery Health iPhone

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda cek adalah baterainya. Karena ponsel tersebut bekas pakai orang lain dan Anda tidak tau bagaimana perawatan pemilik pertama iPhone tersebut, maka Anda wajib memastikan battery health iPhone masih bagus. Jika Kesehatan baterai iPhone tersebut masih diatas 80%, maka ponsel itu masih aman digunakan dan Anda tidak perlu mengganti dengan baterai baru.