Friday , October 18 2024
Cara Membuat Kopi Enak Dirumah ala Kafe

Chemex Coffee Maker dan Cara Membuat Kopi Enak Dirumah ala Kafe

Cara Membuat Kopi Enak Dirumah Menggunakan Alat Chemex. Chemex adalah alat seduh kopi yang cukup populer di kalangan para pecinta kopi. Alat ini terbuat dari kaca dan memiliki bentuk unik yang memberikan pengalaman seduhan kopi yang berbeda.

Tips Seduh dengan Chemex Coffee Maker memang banyak tutorial di youtube. Namun, untuk menghasilkan hasil kopi nikmat dan enak, Anda perlu praktek. Untuk itu, tim MenyulamImpian telah mempersiapkan cara membuat kopi caffe dengan Chemex manula dengan cita rasa khas kafe.

Selain cara buat kopi dengan Chemex, Anda juga perlu tahu mengenai harga chemex coffee maker yang tentunya bisa di beli secara online atau offline.

Apa itu Chemex Coffee Maker?

Chemex Coffee Maker adalah alat seduh kopi manual yang terbuat dari kaca. Alat ini memiliki bentuk yang unik, dengan leher lebar dan berujung lancip yang menghasilkan seduhan kopi dengan rasa yang lembut dan jernih. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan meletakkan kertas saring di dalam alat, lalu mengisi kopi bubuk dan air panas ke dalamnya.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Enak dengan Moka Pot, Resep dan Ukuran

Seduhan kopi akan turun ke dalam wadah di bawahnya dan siap untuk dinikmati. Alat ini menjadi favorit para penggemar kopi manual karena kemampuannya menghasilkan kopi dengan rasa yang konsisten dan berkualitas tinggi. Selain itu, Chemex Coffee Maker juga menjadi ikon desain dan seni kopi yang elegan dan unik.

Cara Membuat Kopi dengan Chemex Coffee Maker

Jika Anda tertarik untuk mencoba membuat kopi dengan alat Chemex, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Pilih Biji Kopi Yang Berkualitas

Kualitas biji kopi sangat mempengaruhi rasa akhir dari kopi yang Anda seduh. Pilihlah biji kopi yang berkualitas dan segar untuk menghasilkan rasa kopi yang optimal.

2. Pilih Ukuran Chemex Yang Sesuai

Alat Chemex tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk membuat satu cangkir kopi, biasanya ukuran Chemex yang kecil sudah cukup.

3. Gunakan Air Bersih Dan Segar

Pastikan air yang digunakan bersih dan segar. Air yang kotor atau berasal dari keran yang sudah lama tidak digunakan dapat mempengaruhi rasa akhir dari kopi yang diseduh.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Hitam Enak Dirumah Lengkap dengan Takaran

4. Gunakan Grind Size Yang Tepat

Pilih grind size yang tepat sesuai dengan alat Chemex yang Anda gunakan. Untuk alat Chemex yang kecil, gunakan grind size yang lebih halus, sedangkan untuk alat yang lebih besar, gunakan grind size yang lebih kasar.

5. Panaskan Air Hingga Suhu Yang Tepat

Panaskan air hingga suhu sekitar 90-96 derajat Celsius. Jangan biarkan air mendidih, karena suhu yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi rasa akhir dari kopi yang diseduh.

6. Rendam Filter Kertas Terlebih Dahulu

Rendam filter kertas terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk menyaring kopi. Hal ini dapat membantu menghilangkan rasa kertas pada filter dan juga memanaskan alat Chemex.

7. Tuangkan Air Secara Perlahan Dan Merata

Tuangkan air secara perlahan dan merata pada kopi yang telah ditambahkan pada filter. Pastikan untuk menuangkan air secara perlahan dan merata untuk menghasilkan rasa kopi yang optimal.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Buka Puasa Solo Murah

Harga Chemex Coffee Maker

Setelah membaca mengenai cara membuat kopi enak dengan Chemex Coffee Maker, akan kami sajikan juga harga Chemex secara online yang harganya cukup terjangkau.

  • Harga Chemex Bonded Filters Pre-Folded Squares Natural (FSU-100) Rp215.000
  • Harga Chemex Filter Paper FS-100 isi 100pcs Coffee Filter Original Rp245.000
  • Harga Chemex coffee pot 400ml / coffee server v60 glass pour over Rp130.000

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mencoba membuat kopi dengan alat Chemex dan menikmati pengalaman seduh kopi yang berbeda dan menyenangkan. Lihat Juga: Destinasi Wisata Karanganyar Pas untuk Liburan Keluarga dengan Biaya Murah