Saturday , October 19 2024
Cara Monetisasi YouTube di HP Terbaru 2023, Syarat Daftar Adsense dan Tips Upload Video

Cara Monetisasi YouTube di HP Terbaru Mei 2023, Syarat Daftar Adsense dan Tips Upload Video

Cara Monetisasi YouTube di HP Terbaru, Syarat Daftar Adsense dan Tips Upload Video. Salah satu cara menapatkan uang online adalah melalui Youtube.YouTube kini menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia. Banyak orang yang menggunakan YouTube untuk menonton video, belajar, hiburan, atau bahkan menghasilkan uang. Anda bisa mendapatkan uang dari YouTube dengan cara monetisasi.

Anda bisa mengetahui Tutorial menotisasi Youtube di HP dari banyak platform. Setelah mengetahui cara monetisasi, sebelumnya, channel Youtube wajib memenuhi syarat untuk daftar monetisasi Youtube terlebih dahulu yang kemudian Anda bisa mendapat syarat daftar adsense Youtube dengan mudah.

Monetisasi adalah proses mengaktifkan iklan di video YouTube Anda sehingga Anda bisa mendapatkan pendapatan dari tayangan iklan tersebut. Monetisasi juga bisa berasal dari fitur lain seperti langganan channel, shopping, super chat, super stickers, super thanks, dan YouTube Premium.

Baca artikel menarik lainnya Cara Memperbaiki Kipas Angin Miyako.

Syarat Daftar Adsense Youtube

Apa saja syarat monetisasi YouTube? Untuk bisa melakukan monetisasi, Anda harus memenuhi beberapa syarat dan persyaratan dari YouTube. Salah satunya adalah tergabung dalam Program Partner YouTube (YPP). YPP adalah program yang memungkinkan Anda untuk berbagi pendapatan iklan dengan YouTube. Kapan YouTube bisa di monetisasi?

Untuk tergabung dalam YPP, Anda harus memenuhi syarat berikut:

  1. Berdomisili atau tinggal di negara tempat program Partner YouTube tersedia
  2. Kanal YouTube harus ditonton lebih dari 4.000 jam oleh publik yang valid dalam jangka waktu 12 bulan terakhir
  3. Kanal YouTube harus memiliki lebih dari 1.000 pelanggan (subscriber)
  4. Menautkan kanal YouTube dengan akun Google Adsense yang valid

Cara Monetisasi YouTube di HP

Jika Anda sudah memenuhi syarat tersebut, Anda bisa mendaftar ke YPP melalui situs web YouTube atau aplikasi YouTube di HP. Berikut adalah cara monetisasi YouTube lewat HP:

  1. Buka situs YouTube
  2. Login dengan menggunakan akun YouTube Anda yang telah disiapkan
  3. Klik ikon Profile
  4. Pilih Pengaturan
  5. Di halaman pengaturan, klik kembali ikon Profile
  6. Klik Creator Studio
  7. Klik Others Features
  8. Tekan Monetization
  9. Anda akan dibawa ke halaman YouTube Partner Program yang berisi 4 tahapan berikutnya.
  10. Tahapan tersebut adalah: Persetujuan, Menghubungkan akun YouTube dengan AdSense, Mengatur pilihan monetisasi, Review akun dengan 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber
  11. Setelah keempat hal tersebut sudah Anda atur dan memenuhi persyaratan, maka proses pendaftaran akun YouTube Anda ke AdSense YouTube telah selesai.

Lihat info menarik lainnya Harga Karaoke Happy Puppy, Tempat Karaoke Keluarga yang Seru dan Murah

Cara Monetisasi YouTube

Setelah Anda tergabung dalam YPP, Anda bisa memilih cara memonetisasi yang sesuai dengan konten dan preferensi Anda. Beberapa cara memonetisasi yang tersedia adalah:

  1. Iklan: Anda bisa memperoleh penghasilan dari iklan yang muncul sebelum, selama, setelah, dan di sekitar video di Halaman Tonton atau Feed Shorts.
  2. Langganan channel: Anda bisa menawarkan fitur eksklusif kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan untuk mendukung channel Anda.
  3. Shopping: Anda bisa menampilkan produk atau layanan yang relevan dengan konten Anda di bawah video atau di tab shopping di channel Anda.
  4. Super Chat & Super Stickers: Anda bisa memperoleh penghasilan dari pesan berbayar atau stiker animasi yang ditampilkan dalam live chat saat streaming langsung.
  5. Super Thanks: Anda bisa memperoleh penghasilan dari tip virtual yang diberikan oleh penonton sebagai apresiasi atas konten Anda.
  6. YouTube Premium: Anda bisa mendapatkan bagian dari pendapatan bulanan YouTube Premium saat pelanggan YouTube Premium menonton konten Anda.

Untuk mengaktifkan monetisasi untuk setiap video yang Anda unggah, pastikan video tersebut mematuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan dan kebijakan monetisasi YouTube.

Cara Upload Video YouTube

Setelah Anda mengaktifkan monetisasi untuk video Anda, Anda perlu mengunggah video tersebut ke YouTube. Berikut adalah cara upload video YouTube lewat HP:

  1. Buka aplikasi YouTube di ponsel Anda
  2. Klik ikon kamera di pojok kanan atas
  3. Pilih video yang ingin Anda unggah dari galeri ponsel Anda atau rekam video baru
  4. Klik ikon selanjutnya di pojok kanan atas
  5. Masukkan judul, deskripsi, tag, dan thumbnail untuk video Anda
  6. Pilih kategori, bahasa, dan lisensi untuk video Anda
  7. Atur privasi video Anda menjadi publik, tidak terdaftar, atau pribadi
  8. Klik ikon selanjutnya di pojok kanan atas
  9. Pilih apakah video Anda cocok untuk anak-anak atau tidak
  10. Pilih apakah video Anda mengandung konten sensitif atau tidak
  11. Pilih apakah video Anda ingin ditampilkan iklan atau tidak
  12. Klik ikon selanjutnya di pojok kanan atas
  13. Tunggu proses unggah selesai dan klik selesai

Anda telah berhasil mengunggah dan memonetisasi video YouTube Anda lewat HP. Sekarang, Anda bisa melihat statistik dan pendapatan dari video Anda di YouTube Studio.

Baca info menarik lainnya Cara Memperbaiki Kaca Mobil yang Retak dengan Mudah dan Murah.

Tips Mengelola Channel YouTube

YouTube Studio adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengelola channel YouTube Anda dengan mudah dan cepat. Dengan YouTube Studio, Anda bisa melakukan beberapa hal diantaanya:

  • Melihat data analitik seperti tayangan, penonton, jam tayang, pendapatan, dan interaksi
  • Mengedit judul, deskripsi, tag, thumbnail, dan monetisasi video
  • Menanggapi komentar dan pesan dari penonton
  • Mengupload atau menghapus video
  • Mengatur live streaming
  • Mengakses tips dan saran untuk meningkatkan performa channel
  • Untuk menggunakan YouTube Studio, Anda bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Atau, Anda bisa mengaksesnya melalui situs web YouTube Studio.

Demikianlah cara monetisasi YouTube di HP 2023 yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk menghasilkan uang dari YouTube dengan mudah dan praktis.